Sabtu, 11 Agustus 2012

Hashtag atau Hestek ??



“Grow up Dude, there’s no place for truth on the internet” –Howard Wolowitz—The big bang theory—
                Jaman sekarang, Internet membuat kita semakin kecanduan bahkan ketergantungan. Apalagi sosial media. Hampir semua orang punya akun fesbuk. Gak bisa dipungkiri sosial media punya peran yang sangat besar, terutama proses perubahan jaman. Dan tak jarang dunia maya juga wadah kepura-puraan. Saya akan mencoba menjabarkan sosial media yang saya termasuk didalamnya.

1. Friendster (on the ground / almarhum)

                Pertama kali saya bikin friendster yaitu pada tahun ajaran 2005-2006, saat saya usia labil. Saya memulai karir di Friendster sebagai observer teman sekelas saya yang lebih senior dalam dunia perfrensteran. Kami duduk berdua didalam bilik warnet yang gelap temaram dan agak tertutup. Mohon tidak berfikir yang bukan-bukan. Eniwey, saya perhatikan dengan seksama layar monitor sementara teman saya mengotak-atik profilenya. Saat itu saya bergumam. hmmm..hmm.hm (bergumam). Saya mikir, keren !!, internet bisa dibuat kayak begituan. Bisa bikin halaman pribadi, bisa masukkin poto juga, dan kerennya lagi bisa cari teman.
                Dirumah, saya langsung memikirkan konsep yang akan saya terapkan di Laman Frenster saya, dan membuat rincian dana uang jajan yang akan disisihkan untuk kewarnet. Sampe segitunya?, iya Sampe begitu. saya buat Laman saya sekeren mungkin dan deskripsi saya sekeren mungkin. Pada saat itu, saya mengerti bahwa dunia maya terutama frenster itu penuh kepalsuan. Hampir semua teman saya disitu, memakai nama “palsu” bukan nama yang ada di akte kelahiran, memasang poto “terbaik” dari yang tidak baik. Dan saya pun begitu. -_-“
                Dan sekarang, Engkau telah tiada.

“Gue udah lama gak buka frenster, pas gua buka frenster, gua berasa kayak ziarah, Beneran !!” –Rindradana—

2. Facebook (on the edge)
                Jujur, Saya tau fesbuk dari televisi. Tahun 2008 di acara talk show ditelevisi, sang Host sering menanyakan kepada narasumbernya tentang akun fesbuknya. Dari situ saya penasaran, “Fesbuk apaan sih”?. Saya selalu curious about something new. Saya memutuskan untuk pergi kewarnet untuk searching tentang itu. Tetep masih buka friendster -_-. Saya temukan ternyata Fesbuk itu kayak frenster juga. Saat itu saya tidak terlalu tertarik dan langsung menutupnya. Lanjut Frensteran.
                Singkat cerita, saya bikin akun fesbuk secara otodidak. Saat itu teman saya cuma ada beberapa akun, dan semuanya dari luar negeri, karna saat itu baru sedikit orang indonesia yang tau Fesbuk. Luckily, I know English Language little little. Saya sering ke warnet hanya untuk log in Fesbuk. Frensternya Tetep. Sampe pernah bikin bule parno. Karna Bahasa Inggris saya tidak afdhol.
                Dan sekarang, Fungsi fesbuk yang awalnya untuk get in touch dengan teman baru dan lama, menjadi ajang mengumbar aib sendiri, aib orang lain, tanpa hipnotis Uya Kuya -_-“. Udah jadi tempat jual baju, jual celana, sampe jual diri -_-“. Bukan cari teman tapi cari musuh. bukan kenyataan tapi kepura-puraan. Dan Fesbuk tinggal menunggu waktunya. Sekarang bisa dibilang lagi Sakarotul maut.

“Fesbuk will be beneficial if you do it right, not left”— inspired by unknown—

3. Twitter (on fire)
                Nah ini, ini lagi semangat-semangatnya nih. Ngetwit udah jadi hal yang wajib dilakuin anak yang ngaku gaul, ataupun yang pengen dibilang gaul. Dan ketenaran seseorang bukan dilihat dari skill tapi jumlah follower. Dilihat dari fungsinya, gak jauh beda dengan pendahulunya, Frenster dan fesbuk. Twitter juga sosial media, tapi tentunya ketiganya memiliki karakteristik masing. Udah pada tau kan?, gak usah dibahas.
                2009 saya bikin twitter, dengan akun yang rada-rada gak enak di denger. “@Gie_Lunk”, “Gilang” maksudnyaaa. Walawpun belum tau bagaimana aturan mainnya, saya nekat aja. Soalnya, penasaran. Setelah selesai saya bikin dan poto pun sudah di aplot. Saya mulai mengetwit beberapa status. *krik krik. Saya mikir, kok twitter jelek sih, sepi banget. Saya tutup. dan, Saya log in di Friendster.com. iya, masih frenster. -_-“
                Dan baru 2011, setelah orang udah rame maen twitter, saya menyadari kesalahan saya. Twitter saya sepi, karna saya gak punya follower dan gak following siapapun. Coba tau lebih awal. Ternyata aturan mainnya hanya soal Follower dan Following. Dan saya lanjutkan akun twitter saya dengan mengganti username menjadi @GilangKecu. Alhamdulillah, follower saya mencapai 22 akun. Yang penting punya !!. Seperti kebanyakkan pemula, timeline saya dipenuhi dengan twit “Please, Follow back”. That’s the beauty of it.
                Di twitter juga banyak yang gak asli atau KW. Mulai dari akun yang ngakunya selebritis, sampe akun selebritis yang gak ngaku kalo dia selebritis. Mulai dari Hoax sampe “Hoek”. Mulai dari yang ngaku Jomblo sampe yang gak ngaku Homo. Twit gratis ada, Twit berbayar pun ada. Followers ada, FollBokers pun ada. Kamu pilih yang manaaa?.

“Elo kecanduan Twitter, kalo pak RT, elo panggil pak Ritwit”. –Ernest Prakasa—

And finally, Kembali ke kita, mau diapain tuh sosial media. Dimanfaatin atau dimainin. Itu pilihan kamu sendiri untuk kamu sendiri. Saya sarankan jangan golput. Pilih salah satu? boleh. Pilih dua-duanya? juga gak apa-apa, atau mau bikin sosial media sendiri? ribet ah !!.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar