Kamis, 29 Agustus 2013

Bodo Amat !!


          Wah, udah lama banget rasanya gak ngeblog. Kira kira udah dua dekade gak posting tulisan di tempat ini, teritung dari bulan April 2013-_-. Mungkin dari semua yang pernah ngunjungi blog ini (itupun kalo ada) bertanya tanya dan berspesikulasi kenapa tidak ada yang baru di blog ini selama beberapa bulan, apakah udah bosen nulis disini? Apa lagi ada masalah?, apa leptopnya di Jual?, Atau bahkan ngeblog Cuma anget anget tai ayam?. Saya mau jelasin disini, apa aja yang udah membuat saya menelantarkan blog ini, mau ada yang baca kek enggak kek bodoh amat !!. saya bikin blog Cuma buat nulis nulis kece, bukan buat show off atau semacamnya, lagipula kalo saya show off, yaa suka suka saya, blog blog saya. Oke ya, saya mau kasih alasan kenapa gak pernah posting lagi. Tapi saya mau bilang mulai sekarang gak pake “saya” di ganti menjadi “aku”. Kenapa? Yang jelas, “aku” keliatan lebih muda dan ga kaku daripada “saya”. Okeh? Okeeeh. Kalo mau protes, aku ingetin sekali lagi, ini blog ku ya suka suka aku. Udah lama gak nulis, kok tulisan ku jadi alay gini ya?. Bodo amat !!.

                Oke, masih fokus kan ya. Ini beberapa alasan kenapa blog ini kosong melompong dalam tempo yang tidak sesingkat singkatnya.
                Yang pertama, jelas karna males. Jujur aku males ngeblog pada saat itu. Aku ngerasa gak punya motif yang jelas kenapa aku ngeblog. Dan juga, viewers blog ini makin lama makin menurun. Makin gak ada. Kita nulis pasti untuk supaya di baca orang. Ya jika tulisan kita gak ada yang baca ngapain ngeblog, emangnya diary, udah di tulis trus di gembok?. Dulu aku targetin setiap hari dapet satu postingan biar terkesan produktif gitu, tapi sekarang selama beberapa bulan, gak ada satu postingan pun nangkring di blog, kecuali 3 postingan sebelum ini, yang notabene udah ku tulis jauh jauh hari sebelum tulisan itu diposting. Mungkin emang aku udah terlalu mesra dengan yang namanya males. jadi yaa begini jadinya. Hubungan ku dan rasa males sudah masuk ke jenjang yang lebih serius, jadi ya begini jadinya, udah melekat, tinggal nunggu doa restu.
                Yang kedua, karna waktu itu bulan november, ada masa dimana aku pulang kampung ke Jambi, tanpa membawa leptop selama 3 bulan. Di bulan bulan itu aku gak mood untuk nulis atau posting apapun. Aku hanya fokus cari kerja yang tidak bisa diketemukan itu. Munking belum jodoh. Aku pulang ke Jambi tujuannya buat cari kerja, leptop sengaja aku tinggal biar di pake ibu maen game dirumah. Iyaaa, ibu ku hobinya maen game, terkadang aku nyesel kenapa aku install game. Jadi aku pulang ke jambi dengan tangan hampa, seperti peserta AFI yang tereliminasi tapi gak bawa koper. Tau doong, AFI apaan..., gak tau?.. Bodo amat!. Anyway, di jambi, tanpa leptop aku gak produktif. Hal hal yang kulakukan hanyalah, bolak balik ke fotokopian, warnet dan perusahaan buat masukkin lamaran. Sempat kepikiran buat nulis, tapi tanpa leptop yang aku tinggal itu, semangat ku serasa mengendur seperti undur undur. Apasih. Setiap kepikiran untuk ngeblog, aku pasti terbayang ibu ibu lagi main game. Iya, ibu ku -_-“ .
                Dan ini yang terakhir, yang cukup membanggakan. Aku mau kasih tau kalo aku udah gak berhak menyandang status pengangguran lagi. Sekarang statusku semi pengangguran. Sekarang aku tengah bekerja sebagai freelance blog content writer yang dalam kata lain tukang nulis nulis di blog serabutan. Itu bukannya sama aja bukan kerja? . Ini beda, aku diminta untuk menulis artikel bahasa inggris di beberapa blog berbahasa inggris yang target pembacanya adalah orang orang bule. Salah satu blognya ini mapsoul.com. Keren kan ya?. Gak juga sih, setiap harinya aku harus mengirim 12 artikel bahasa inggris. Ini membuatku cukup produktif menulis, tapi ini gak membuat aku berkembang, karna aku menulis berdasarkan keyword yang diberikan oleh mas mas yang nyuruh aku. Setiap bulannya aku dapet duit, lumayan lah buat beli beras. Ini menjadi salah satu alasan terkuat mengapa blog ini terbengkalai. Alasan yang mendukung juga, aku menulis di blog yang merupakan project mandiri aku dan kedua temanku. Di trashome.com , aku menulis lebih agak bebas, karna tidak terbatas oleh keyword. Ini cukup menyibukkanku menatap leptop selama beberapa jam. Ini cukup menyita waktu. Kerjaan ku ini untuk saat ini lebih kupentingkan dari urusan lain, karna ini yang lebih jelas menghasilkan.

                Saat ini aku lebih mementingkan sisi komersial daripada kreativitas dan peningkatan kualitas. Ironis memang, tapi apalah daya. Seperti pribahasa bilang, besar pasak dari pada tiang. Gak nyambung? Bodoh amat!!. Anyway, aku cuma mencoba bersikap lebih realistis. Aku harus lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan. Oke, aku pengen jadi comic, oke aku pengen jadi penulis komedi, tapi ya saat ini yang aku butuh bukan menjadi comic atau penulis tapi hal yang nyata menghasilkan itu lebih penting untuk saat ini. I admit it, sometime you need to be materialistic to survive. Seperti kata pepatah, air susu dibalas air tuba. Masih gak nyambung woy!!!. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar